Kamis, 05 Maret 2009

BE EXTRAORDINARY ENTREPRENEUR (BEE),,,THE NEXT HGE4 EVENT...




Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (HIMALOGISTA) adalah sebuah himpunan mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Himalogista didirikan pada tanggal 23 Pebruari 1999. Himalogista adalah wadah bagi mahasiswa THP yang ingin menyalurkan aspirasinya melalui berbagai kegiatan yang berhubungan dengan dunia pangan. Dalam perjalannya Himalogista telah berkali-kali menyelenggarakan kegiatan sekitar dunia pangan dari yang berskala lokal hingga berskala nasional dengan mendatangkan narasumber yang berkompeten berskala nasional. Dan kegiatan tersebut telah menjadi suatu brand tersendiri bagi Himalogista.
Kegiatan berskala nasional yang pernah diadakan oleh Himalogista antara lain: Seminar ISO:14000, Seminar ISO 9001:2000, Seminar ISO:22000, Seminar dan Pelatihan ISO 9001:2008, Seminar dan Pelatihan HACCP, Talk Show ”Mom and Kids Care with Nutrition” bersama Kak Seto, Seminar Ketahanan Pangan, Seminar Diversifikasi Pangan ”Independent Food”, Seminar Perdagangan Bebas ”Internasional Free Trade” yang melibatkan GAPMMI, Himalogista Great Event 1, 2, 3 dan kegiatan lainnya.



1. Latar Belakang
Saat ini merupakan era yang potensial untuk membangun usaha yang berlandaskan kemandirian untuk bergerak maju menciptakan lapangan kerja sendiri tanpa harus bergantung pada permintaan industri dan menjadi seorang karyawan. Usaha mandiri menunjukkan adanya usaha keras dalam diri kita untuk bergerak maju dengan inovasi terdepan dan kerja keras. Adanya persaingan global terus memacu para wirausahawan untuk terus bergerak dalam memajukan usaha yang dirintisnya.
Meningkatnya jumlah penduduk dunia, mengakibatkan semakin tinggi pula permintaan ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan hidup mereka. Dengan situasi seperti ini, semakin membuka peluang untuk menciptakan usaha mandiri yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Tetapi dengan adanya krisis global yang melanda seluruh penjuru dunia memberikan dampak yang cukup besar bagi keberadaan usaha mandiri yang sebagian besar masih dalam tergolong usaha kecil menengah. Krisis global ini memberikan dampak yang buruk bagi usaha kecil menengah, baik dari segi target pasar maupun lancarnya usaha mereka.
Mengatasi masalah-masalah yang disebabkan oleh krisis global maka diperlukan suatu wawasan dan inovasi untuk mempertahankan usaha yang telah dirintis. Wawasan yang diperlukan dalam permasalahan seputar UKM ini adalah wawasan yang meliputi manajemen, sistem pemasaran, birokrasi perijinan, dan inovasi yang berkelanjutan. Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Brawijaya (Himalogista) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia (HMPPI) mencoba untuk memberikan suatu sarana bagi masyarakat yang telah memiliki usaha mandiri maupun yang akan mendirikan usaha mandiri yaitu suatu seminar yang akan mengangkat seluruh permasalahan seputar pembentukan sebuah usaha mandiri beserta pemecahannya oleh ahli-ahli yang berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
Dengan didukung oleh Universitas Brawijaya sebagai perguruan tinggi negeri yang telah menjadi Entrepreneural University dan HMPPI yang merupakan organisasi nasional yang terdiri dari himpunan mahasiswa di seluruh universitas yang ada di Indonesia yang menitikberatkan pada bidang pangan serta sangat peduli terhadap pengembangan UKM di Indonesia, maka seminar “Be ExtraOrdinary Entrepeneur” sangat berpotensi untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha-usaha mandiri yang mampu bersaing dan bertahan dalam krisis global.




2. Tema Kegiatan
”Membangun dan Mengembangkan Usaha Mandiri yang Mampu Berkompetisi di Era Krisis Global ”




3. Nama Kegiatan
“BEE” (Be ExtraOrdinary Entrepreneur)




4. Landasan Kegiatan
1. Tri Darma Perguruan Tinggi
2. Program Kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universiatas Brawijaya periode 2008-2009
3. Program Kerja Divisi Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universiatas Brawijaya periode 2008-2009.



5. Tujuan Kegiatan
1. Menambah wawasan pentingnya sistem menajemen mutu dalam suatu usaha mandiri.
2. Memberikan pemahaman dan cara termudah dalam jalur perijinan Usaha Mandiri di Indonesia
3. Menumbuh kembangkan jiwa entrepreneur pada wirausahawan baru yang berpotensi
4. Menciptakan Unit Usaha Mandiri baru yang memiliki daya saing tinggi



6. Manfaat Kegiatan
1. Meningkatkan wawasan tentang manajemen kualitas pada suatu usaha mandiri.
2. Memperoleh pemahaman dan cara mudah dalam jalur perijinan usaha mandiri, khususnya di Indonesia
3. Dapat mengembangkan potensi jiwa kewirausahaan dalam diri
4. Memperoleh gambaran dan innovasi-inovasi dalam mendirikan usaha mandiri.



7. Sasaran kegiatan
Mahasiswa, UKM dan Masyarakat Umum.



8. Waktu dan tempat Kegiatan
Waktu : Sabtu, 14 Maret 2009
Tempat : Widyaloka Hall Center Universitas Brawijaya




9. Deskripsi Kegiatan
Be ExtraOrdinary Entrepreneur merupakan Seminar Entrepreneurship yang terdiri dari penyampaian materi dan talk show dalam usaha untuk menyelesaikan segala permasalahan dan tantangan yang dihadapi pembentukan dan pengembangan suatu wirausaha mandiri dalam era perdagangan bebas dan krisis global saat ini. Materi-materi yang akan diberikan meliputi Menejemen dan standart mutu yang disesuaikan dengan UKM ( Trainer and Advisor ISO : 9200, Ir. Ida Bagus Gandhem Ces), Kiat-kiat berwirausaha dan menyiasati jalur birokrasi perdagangan (Kabid Koperasi dan UKM Diskoperindag tahun 2004 – 2008, Drs. Wajjdi Syah Bc. Ak, MM) serta Jalur permodalan usaha mandiri dalam system perbankan dan prediksi trend bisnis 2009 ( Manager distrik mikorbisnis Bank Mandiri Malang, Aris Kuncoro), serta sharring pengalaman, inovasi dan trik berwirausaha oleh H. Abdul Rachman Tukiman (owner dari “Bakso Kota Cak Man” pelopor bakso bakar, makanan khas asli Malang).



10. Sekretariat
Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Brawijaya
Jl. Veteran Malang, Telp. 0812-3312-8787; Fax: (0341) 569214



Susunan Acara
Sabtu, 14 Maret 2009
07.30 - 08.00 : Registrasi + Persiapan Acara

08.00 - 08.30 : Ceremonial
Sambutan Ketua Pelaksana
Sambutan Ketua HMJ Teknologi Hasil Pertanian
Sambutan Pembantu Dekan III

08.30 - 10.15 : Materi Sesi 1 (Seminar)
Kiat-kiat usaha dan menyiasati jalur birokrasi perdagangan (Kabid Koperasi dan UKM Diskoperindag tahun 2004 – 2008, Drs. Wajjdi Syah Bc. Ak, MM)

10.15 – 10.45 : Coffee Break

10.45 - 12.45 : Materi Sesi 2 (Seminar)

Jalur permodalan usaha mandiri dalam system perbankan dan prediksi trend bisnis 2009 ( Manager distrik mikorbisnis Bank Mandiri Malang, Aris Kuncoro )
12.45 - 13.45 : Ishoma

13.45 – 15.45 : Materi sesi 3 (Seminar)
Menejemen dan standart mutu yang disesuaikan dengan UKM ( Trainer and Advisor ISO : 9200, Ir. Ida Bagus Gandhem Ces )

15.45 – 16.45 : Materi sesi 4 (Sharing pengalaman pribadi)
Sharring pengalaman , trik & Motivasi entrepreneur ( Pendiri dan owner Bakso Kota “Cak Man”)

16.45 – 17.15 : Penutupan

Tidak ada komentar: